Senin, 02 September 2013

LAPIS LEGIT

Lama rasanya tidak melihat blog ini,karena sesuatu dan lain hal, makanya baru muncul lagi sekarang. kita kembali ke judul awal "lapis legit"
dalam membuat lapis yang satu ini sebenarnya tidaklah sulit, hanya memang memerlukan sedikit ketelian dan kesabaran aja, bagi yang biasa  membuat kue ini sangatlah menyenangkan. 



Bagi yang suka dengan lapis legit ini ya silahkan di coba  resep dibawah ini, kuncinya harus sabar dan tetap semangat melapisnya, jika hati sudah senang apa pun yang kita kerja kan akan menghasil kan sesuatu yang bagus. 

Bahan Bahan :
  1. 30 butir kuning telur
  2. 300 gram gula halus (kalau yang suka manis bisa ditambahkan )
  3. 75 gram terigu yang sudah diayak (kalau saya menggunakan 1 :1 dgn susu bubuk dancow)
  4. 200 gram mentega wysman 
  5. 300 gram mentega caping segitiga ( bisa aja kalau mau diganti dgn bluband , tapi aroma nya akan beda jika menggunakan mentega semua)
  6. 4 sendok makan susu kental manis
  7. Vanili secukupnya
Caranya :
  1. Kocok mentega hingga putih dan lembut, ada baiknya mentega sebelumnya di masukan dlm kulkas agar saat mengocoknya akan lebih kokoh tdk gampang melumer, karena mentega sifat nya lebih gampang cair  jika berada di suhu ruangan, apalagi dlm cuaca yang panas. tambahkan 4 sendok makan susu kental manis kocok lagi , setelah kembang dan putih sisih kan.
  2. Pecahkan telur dan pisahkan kuning telur dari putihnya. agar mempercepat pekerjaan saya biasanya langsung pecahkan telur dalam satu wadah yang bersih semua telur 30 butir , baru kemudian kita ambil dgn sendok telur atau tangan aja biar lebih cepat. 
  3. kocok kuning telurbersama gula halus sampai kembang, lama pengocokan tergantung masing masing mixer yg kita punya kalau saya 20 menit sdh ok, saya menggunakan mixer Bosch. ingat ya saat mengocok telur gunakan wadah yang benar benar bersih tanpa terkena minyak atau mentega sedikit pun , krn ini akan patal akan membuat kue lapis anda tdk baik hasilnya.
     kemudian masukan vanili kocok lagi sampai kembang .
  4. Campurkan dan ayak susu bubuk dan terigu.
  5. Masukan adonan telur kedalam adonan mentega, aduk perlahan searah sampai rata, lalu tambahkan campuran terigu dan susu.
  6. sebelumnya panaskan oven terlebih dahulu
  7. gunakan loyang 20 x 20 x 7 atau 18 x 18 x7 olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti.
  8. Mulailah membakar selapis selapis dengan 4 sendok makan adonan lapis., setelah kuning masukan lagi 4 sendok adonan ratakan dan bakar lagi, pada suhu 160 Cpada 2 lapis pertama gunakan api bawah artinya bakar pada posisi api dibawah loyang , untuk lapisan berikut nya gunakan api atas .
  9. Lakukan sampai adonan habis di bakar. Ingat jangan sering sering mengaduk adonan nanti akan mencair, maka lapis tidak akan baik hasilnya.
Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk teman teman semua.

2 komentar:

  1. Maap mbk... mentega wisman nya tuh bisa diganti gak dengan mentega lainnya?

    BalasHapus
  2. Maaf mau tanya donkk,,, maksudnya ini 1:1 bs dicontohkan bagaimana?

    75 gram terigu yang sudah diayak (kalau saya menggunakan 1 :1 dgn susu bubuk dancow

    Thanks,,,

    BalasHapus